logo

4 Cara Bayar Tagihan BPJS Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Category : Tutorial   •   by Admin   •   Posted on 19/09/2018 22:19

Bagi masyarakat Indonesia, tentu sudah familiar dengan BPJS Kesehatan. Ya, salah satu layanan yang diberikan oleh pemerintah ini memang populer dan banyak digalakkan di seluruh daerah di Indonesia. Layanan ini menggunakan sistem subsidi silang dimana yang belum menggunakan dananya untuk berobat, akan dialihkan kepada yang membutuhkan. Jika dibandingkan, BPJS Kesehatan memang lebih murah daripada asuransi kesehatan lainnya.

BPJS Kesehatan sendiri memiliki 3 kategori kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Dengan tarif pembayaran yang berbeda pula yaitu Rp 80.000 untuk kategori kelas 1, Rp 51.000 untuk kategori kelas 2, dan kategori kelas 3 sebesar Rp 30.000.

Pemerintah sebagai penyelenggara program sosial kesehatan ini selalu memperhatikan kemudahan – kemudahan bagi penggunanya mulai dari alur pendaftaran, cara pembayaran tagihan, hingga penghentian program karena sebab sebab tertentu. Pemerintah telah menyediakan berbagai cara mudah untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan. Apa saja ? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Beberapa Cara dalam Membayar Tagihan BPJS Kesehatan

1. Bayar Tagihan BPJS melalui Kantor BPJS Kesehatan

 Cara ini cocok bagi anda yang tinggal dekat dengan Kantor BPJS Kesehatan atau anda akan mengurus berkas berkas tertentu disana. Caranya cukup mudah, ambil tiket nomor untuk ke loket pembayaran. Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil. Tunjukkan kartu BPJS anda dan petugas akan menyebutkan tagihan yang harus anda bayar. Setelah anda membayar, petugas akan memebrikan struk bukti tanda transaksi.

2. Bayar Tagihan BPJS melalui ATM BRI, BNI dan Mandiri

Selain langsung membayar dikantor BPJS, anda juga dapat membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM. Namun sampai saat ini BPJS hanya bekerjasama dengan BRI, BNI dan Mandiri. Caranya cukup mudah yaitu :

- Masukkan kartu ATM anda

- Pilih bahasa dan masukkan nomor PIN anda

- Pilih Transaksi Tunai / Paket Tunai (sesuai dengan ATM yang digunanan)

- Kemudian pilih “transaksi lainnya”

- Lalu pilih “pembayaran”

- Setelah itu muncul beberapa pilihan carilah pilihan BPJS

- Pilihlah BPJS Kesehatan

- Masukkan nomor BPJS Kesehatan anda

- Kemudian layar akan menunjukkan data diri anda beserta tagihan yang harus anda bayarkan. Pastikan tagihannya sesuai dengan kelas anda

- Lanjutkan proses pembayaran hingga transaksi selesai dan struk keluar.

3. Bayar Tagihan BPJS melalui Kantor Pos

Pihak BPJS kini telah meningkatkan pelayanannya hingga memikirkan kemudahan pembayaran nasabahnya yang berada di daerah daerah dengan bekerjasama dengan Kantor Pos. Pelanggan BPJS sudah dapat membayarkan tagihan BPJSnya melalui Kantor Pos dengan cara yang mudah. Cukup datang ke Kantor Pos dan menyerahkan kartu BPJS anda ke loket pembayaran yang tersedia disana. Kemudian petugas akan memberitahukan jumlah yang harus anda bayar. Setalah anda membayar, petugas akan memberikan anda struk pembayaran sebagai bukti transaksi.

4. Bayar Tagihan BPJS melalui Indomaret dan Alfamart

Membayar BPJS Kesehatan juga lebih mudah karena bisa dilakukan di Indomaret dan Alfamart. Berikut langkahnya :

- Tanyakan terlebih dahulu pada kasir apakah indomaret atau alfamart tersebut melayani pembayaran BPJS Kesehatan

- Jika iya, berikan nomor BPJS anda kepada kasir

- Kasir akan mencocokkan terlebih dahulu identitas dan jumlah tagihan yang harus dibayar

- Kemudian bayarkan tagihan anda pada kasir

- Kasir akan menyerahkan bukti transaksi pembayaran BPJS Kesehatan anda

Itulah diatas beberapa cara bayar tagihan BPJS kesehatan. Tidak sulit bukan?


0 Komentar

Captcha

    Belum ada komentar